Press ESC to close

Apa Itu Ringkasan Umum Penelitian (Lay Summary)?

“Bertanya dan menemukan jawabannya bukanlah satu-satunya hal penting, sebagai seorang ilmuwan saya merasa berkewajiban untuk berkomunikasi kepada dunia apa yang saya pelajari.”

-Stephen Hawking, Brief Answers to the Big Questions-

Kutipan dari fisikawan legendaris Stephen Hawking ini menyoroti salah satu aspek paling penting dari siklus penelitian yaitu komunikasi. Mengkomunikasikan penelitianmu menjadi sangat penting dalam industri penerbitan ilmiah saat ini. Para peneliti semakin merasa tertekan untuk keluar dari menara gading dunia akademis dan memastikan bahwa temuan mereka disebarluaskan dan dapat dipahami dengan mudah bukan hanya oleh rekan sejawat mereka sendiri, kolega, atau para pakar di bidangnya tetapi juga oleh masyarakat non-akademis/umum.

Gagasan di balik ini cukup sederhana, mengingat sebagian besar penelitian didanai oleh pajak, sudah sepantasnya pembayar pajak (mereka yang bukan ilmuwan atau orang awam) melihat dampak dan potensi nyata dari penelitian ini. Selanjutnya, di industri penelitian yang kompetitif saat ini, sangat penting bagi para peneliti untuk tidak hanya menerbitkan karya tetapi juga menjabarkan dampak penelitian tersebut dalam sebuah ringkasan umum penelitian yang dibuat dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti orang banyak. Namun ini bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang apa itu ringkasan umum penelitian (lay summary), keuntungan dan peluang yang ditawarkan, dan cara menuliskannya dengan baik.

Apa itu ringkasan umum penelitian?

Pertama, izinkan saya memulai dengan sebuah pertanyaan, untuk siapa kamu menulis dan mempublikasikan temuan risetmu? Tidaklah tepat untuk berasumsi bahwa satu-satunya orang yang tertarik untuk membaca literatur akademis atau penelitian adalah para peneliti. Saat ini, semakin banyak orang yang bukan peneliti tertarik untuk belajar tentang perkembangan yang dihasilkan penelitian dan memahami bagaimana perkembangan ini memengaruhi mereka, misalnya dalam bidang perubahan iklim atau terapi pasien. Sayangnya, artikel ilmiah seringkali menggunakan bahasa yang sangat teknis, mengandung konsep, teori, istilah khusus, dan data yang kompleks. Hal ini membuat pembaca non-akademis kesulitan untuk memahami artikel riset yang dihasilkan. Oleh karenanya, membuat ringkasan umum penelitian adalah solusi yang bisa ditawarkan. Ringkasan umum penelitian, seperti namanya, berisikan penjelasan singkat layaknya sebuah abstrak tentang penelitian yang ditulis dengan menggunakan istilah dan bahasa non-teknis yang mudah dimengerti oleh orang awam.

Kapan dan mengapa Anda perlu menulis ringkasan umum penelitian?

Kamu dapat membuat ringkasan umum penelitian setelah menulis dan menerbitkan penelitian. Salah satu tahap awal dalam proses penelitian adalah mengajukan permohonan dana hibah penelitian dengan membuat proposal riset yang mencakup ringkasan umum penelitian. Peter Rodgers, Editor Fitur untuk eLife menyatakan, beberapa lembaga riset mewajibkan para peneliti untuk menyertakan ringkasan penelitian dengan bahasa sederhana dalam permohonan pendanaan yang akan dievalusi oleh panel. Ringkasan ini akan membantu evaluator hibah untuk memahami proyek penelitian yang diusulkan dengan lebih baik dan memahami relevansinya bagi masyarakat.

Sesuai dengan laporan terbaru yang disusun oleh Asosiasi Internasional Penerbit Ilmiah, Teknik, dan Kedokteran, lebih dari 3 juta artikel dipublikasikan setiap tahun oleh peneliti di seluruh dunia. Ini adalah angka yang sangat besar! Penting bagi para peneliti dan jurnal untuk memastikan bahwa penelitian yang dipublikasikan tidak hilang dalam lautan informasi ini. Oleh karena itu, banyak jurnal sekarang meminta penulis untuk menulis ringkasan dari karya mereka setelah diterima atau dipublikasikan yang kemudian didistribusikan secara luas oleh jurnal melalui saluran pemasaran mereka atau oleh para penulis sendiri. Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas dan peluang penelitian tersebut untuk dikutip dan dibaca para pembaca awam, sehingga meningkatkan dampak riset.

Dalam sebuah penelitian menarik yang dipublikasikan dalam jurnal eLife, penulis dan editor Sarah Shailes menulis tentang beberapa jurnal dan lembaga yang secara aktif menyediakan ringkasan umum penelitian dan dampak yang mereka miliki. Shailes menyatakan, semakin banyak jurnal dan organisasi ilmiah yang melakukan hal yang sama dengan beragam nama, termasuk ringkasan umum penelitian, ringkasan penulis, dan intisari penelitian. Jadi, ketika makalahmu diterima untuk dipublikasikan, periksa apakah jurnal, institusi, atau penyandang dana penelitianmu memerlukan ringkasan umum untuk meningkatkan visibilitas karyamu.

Dalam beberapa studi klinis, ringkasan umum penelitian ditulis untuk dibaca oleh responden penelitian agar mereka memahami peran dan keterlibatan mereka dalam penelitian. Sehingga, mereka dapat membuat keputusan yang tepat sebelum menyatakan kesediaan mereka berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Apa manfaat dari ringkasan umum penelitian?

Ringkasan umum penelitian sangat penting bagi para pemberi dana penelitian karena sejumlah alasan berikut:

  • Ringkasan umum membantu pemberi dana untuk mempertanggung jawabkan penggunaan dana.
  • Ringkasan tersebut juga membantu pemberi dana mengkomunikasikan penelitian secara jelas dan efisien dengan media untuk memastikan informasi yang disebarkan akurat, jelas, dan sederhana.
  • Pemberi dana membagikan ringkasan umum penelitian untuk meningkatkan reputasi mereka dan meningkatkan ketertarikan peneliti untuk mengirimkan aplikasi hibah.
  • Mereka juga menggunakan ringkasan untuk menunjukkan potensi penelitian kepada pembuat kebijakan dan meningkatkan belanja pemerintah untuk penelitiannya.
  • Pada tahap permohonan hibah, ringkasan umum penelitian memungkinkan evaluator untuk mengevaluasi permohonan dan dampak potensial penelitian tersebut pada kehidupan masyarakat. Sehingga, mereka dapat memilih proyek-proyek penelitian yang relevan dan pantas untuk didanai.  Ringkasan tersebut juga membantu penilai hibah untuk menilai keterampilan menulis para pelamar.

Secara keseluruhan, ringkasan umum penelitian membantu meningkatkan pemahaman publik tentang ilmu pengetahuan, meningkatkan visibilitas penelitian, meningkatkan reputasi peneliti, dan menjustifikasi pengeluaran publik untuk penelitian. Pada tulisan berikutnya, kamu bisa mengetahui sejumlah tips yang dapat membantumu menulis ringkasan umum yang bagus dan berkualitas tentang penelitianmu.